3 Jurus Juara Debat dengan Pelanggan

Sales | 3 Jurus Juara Debat dengan Pelanggan

Sales | Motivator Indonesia | Training Motivasi | Leadership

Debat dengan klien? Bolehkah?

Pertanyaan ini melintas di pikiran saya saat menyaksikan peristiwa debat yang belakangan meramaikan ruang perhatian masyarakat. Tenang, sebagai leadership coach dan salesmanship training, pembahasan keduanya tidak untuk memperuncing suasana atau menyeret anda ke dalam perdebatan politik dan agama. Bukan, sama sekali.

Meski begitu, baiklah saya menceritakan sedikit untuk menempatkan konteksnya.

Debat pilkada. Dalam demokrasi modern yang dianut Indonesia, terlebih setelah reformasi 1998, pemilihan umum menjadi semakin terbuka. Calon pemimpin, baik tingkat nasional maupun daerah diminta untuk menyampaikan siapa dirinya dan program apa saja yang mau ditawarkan untuk konstituen. Salah satu metode penyampaian program adalah lewat debat. Satu calon dengan calon lain dihadirkan dalam satu forum yang dihadiri publik maupun disiarkan televisi dan radio. Mereka beradu gagasan, saling mengritisi, dan saling mempertahankan pendapat.

Bagi publik, pesan apa yang ingin disampaikan? Lewat debat itu, publik diminta menilai siapa yang lebih unggul dari yang lain. Calon yang dianggap unggul itulah yang nantinya akan dipilih. Maka, tak heran, dalam debat pilkada, di mana pun, setiap calon berupaya sedemikian rupa menjadi pemenang. Tak jarang mereka saling menyerang dan bahkan ada yang saling menjatuhkan dengan menyerang aspek personal.

Tujuan debat itu: berebut menang, mengakuisisi

Nah, sekali lagi, dalam kapasitas saya sebagai leadership coach dan salesmanship trainer, saya tidak hendak membahas politik atau agama. Saya mau mengajak anda membahas pola debatnya, dan kemudian menemukan apakah ada model debat yang bisa diterapkan di dunia salesmanship.

Sales, entah terbuka atau tidak, adalah orang-orang yang spiritnya “harus menang”: mencapai target, berhasil menjual, menguasai area, dan terus bertumbuh. Setiap bertemu orang, yang ada dalam benaknya adalah bagaimana bisa memengaruhi orang tersebut supaya mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Segala upaya ditempuh: menonjolkan kelebihan produk, menciptakan kebutuhan bagi pelanggan, dan melukiskan aneka benefit jika pelanggan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Jika mujur, pelanggan akan langsung setuju dan membeli. Jika hancur, pelanggan langsung menolak dan pergi. Nah, yang bikin babak-belur adalah jika pelanggan membantah presentasi kita. Mau diiyakan, kita merasa pendapatnya keliru. Mau disanggah, kita merasa dia potensial membeli. Bingung, kan?

Aha, tidak usah bingung. Ingat semangat “win-win”—semua menang? Nah, yuk kita terapkan jurus “debat juara” dalam situasi seperti itu.

Pertama, setujui! Saat pelanggan membantah, iyakan bantahannya. Lho, kok diiyakan? Iya, anda juga nggak suka dibantah, kan? Sama. Pelanggan juga nggak suka dibantah. Jika dibantah akan ngacir. Maka, setujui pendapatnya. Buat ia merasa senang bahwa ternyata anda sepihak dengan dia.

Kedua, apresiasi! Dalam bantahannya, pasti ada informasi tentang apa yang disukai dan dimaui pelanggan. Misalnya, “Wah, mahal sekali harga produk anda. Di toko sebelah ada diskon tuh.” Nah, apa yang bisa diapresiasi dari pernyataan tersebut. Ya, mahal, toko sebelah, dan diskon. Setujui mahalnya, lalu apresiasi bahwa pelanggan tersebut cermat dalam membandingkan, plus punya prinsip hidup yang bagus, yakni hemat. Puji secara tulus bahwa sikap yang ia tunjukkan itu bagus.

Ketiga, sodori! Jika sudah dapatkan hatinya, lanjutkan dengan sodori penawaran baru, “Memang produk kami mahal, Pak. Dan untuk menghargai kerja keras Bapak, kami tawarkan diskon khusus yang Bapak tidak dapatkan di toko sebelah jika bapak beli minimal 3 unit, hari ini….”

Klien-klien yang saya dampingi dalam coaching dan training banyak yang tak menyangka, setelah melancarkan jurus “debat juara” ini, mereka bilang, “Banyak pelanggan yang semula bilang mahal, jadinya beli lebih banyak.”

Untuk mengundang Putera Lengkong sebagai “sparring partner” belajar dan pengembangan diri anda serta tim Sales anda, dapat menghubungi 021-2932-1243 dan 0813-1009-2248, SEKARANG!

Salam Juara!

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *