7 Rahasia Tepercaya Rebut Kembali Hati Pelanggan

Sales | 7 Rahasia Tepercaya Rebut Kembali Hati Pelanggan

Sales | Training Sales | Motivator IndonesiaSahabat Juara,

Dalam tulisan terdahulu berjudul “Eagle, Rahasia Kesetiaan Sang Juara Melampui Badai”, saya bercerita tentang bagaimana mempertahankan pelanggan lama. Ada 9 karakter yang saya uraikan di sana sebagai inspirasi bagi anda yang ingin mendulang sukses seperti Eagle.

Kali ini saya bagikan kepada anda bagaimana tahap-tahap yang mesti ditempuh untuk mempertahankan pelanggan lama plus memenangi persaingan dengan meraih pelanggan baru. Sekali lagi, tahap-tahap ini saya serap dari Eagle. Ternyata mereka sangat bersungguh-sungguh mengaplikasikan jurus-jurus bisnis yang berulang kali saya tegaskan kepada para distributor lewat seminar saya “PROVEN STRATEGY TO GROW YOUR BUSINESS”.

Berikut tahapan-tahapan yang ditempuh Eagle hingga mereka kembali menjadi juara di pasar sepatu nasional. Praktis dan teruji, layak anda implementasikan:

  1. PERKUAT hubungan dengan existing customers. Ingatkan mereka bahwa anda masih “hidup”.

Di luar sana, yang kerap terjadi, begitu bisnis mengalami guncangan adalah kepanikan. Jika pun kemudian segera mengambil langkah-langkah penyelamatan, yang sering dilalaikan adalah tetap menjalin komunikasi dengan pelanggan. Akibat melalaikan pelanggan, bisnis semakin turun karena pelanggan kehilangan ikatan dengan produk yang sedang surut tersebut. Dan kalau pun kelak produk tersebut kembali bangkit, ia kehilangan momentum untuk merangkul kembali pelanggan lama. Lama tak disapa, pelanggan sudah berpaling ke lain hati.

Eagle, lewat distributornya, ketika mengalami kemerosotan penjualan, tetap menyapa pelanggan mereka. Setidaknya lewat chanel distribusi yang mereka punya, mereka aktif tunjukkan kepada pelanggan bahwa Eagle masih ada.

  1. DEKATI pelanggan dari kompetitor anda. Sebagaimana tidak ada yang sempurna maka bisa saja suatu saat pelanggan kompetitor anda dapat berpindah ke lain hati.

Lazim terjadi, saat bisnis merosot, pelanggan beralih ke produk kompetitor. Apakah pelanggan benar-benar meninggalkan anda? Belum tentu. Pelanggan yang sudah loyal dengan produk anda, bisa jadi, diam-diam merindukan anda. Hilangnya sapaan anda bisa diganti dengan kembali menyapa.

Begitu juga dengan pelanggan kompetitor. Bisa jadi mereka juga sedang mengalami kesepian karena tak disapa oleh produk kesukaan mereka. Sapa mereka, raih hati mereka.

Eagle melakukan itu. Hebatnya, mereka tidak hanya menyapa pelanggan dari kompetitor yang lemah. Mereka lebih-lebih menyapa pelanggan dari kompetitor yang kuat. Mereka meyakini, saat merebut hati kompetitor yang kuat, apa pun yang terjadi mereka menang. Jika tak berhasil merebut, minimal mereka sudah bertanding setara. Jika berhasil, mereka menjadi pemenang sejati.

  1. PERBAIKI atau LENGKAPI varian produk Anda agar pasar tidak jenuh, seperti fast food yang memperbaharui menunya setiap 6 bulan.

Dunia berubah. Gaya hidup berubah. Selera berubah. Dan di era digital sekarang, perubahan itu cepat sekali. Begitu banyak referensi yang membuat pelanggan menuntut ekspektasi tinggi terhadap produk yang mereka beli.

Perhatikan siklus hidup produk (product life cycle). Hadirkan kesegaran setiap periode tertentu. Segarkan semua, bisa sebagian: harga, desain, warna, dan varian-varian lainnya. Komunikasikan kepada pelanggan bahwa ada yang baru dari produk anda. Apa pun kebaruan itu bagi pelanggan penting.

Eagle lakukan itu. Mereka komunikasikan kepada pelanggan bahwa mereka hadir lebih baik dengan produk yang lebih lengkap. Kata kunci mereka: LEBIH.

  1. BIDIK segmen eksklusif atau segmen massal. Definisikan kembali “hot prospect” Anda, berada di manakah mereka, bagaimana cara menggapai mereka.

Cek kembali BUSINESS MODEL anda. Teliti, segmen mana yang memberikan kontribusi terbesar, mana yang rata-rata, dan mana yang kecil. Lalu putuskan mana yang sebaiknya diperbesar, mana yang sebaiknya dimatikan, dan mana yang sebaiknya diciptakan.

Eagle lakukan ini. Mereka berdiskusi dengan distributor hingga kemudian menemukan bahwa ada segmen atas yang potensial digarap. Segmen ini harus dikelola dengan pendekatan khusus lewat chanel distribusi yang lebih premium. Lebih mahal namun memberi kontribusi lebih besar.

  1. PERTIMBANGKAN pasar baru atau yang selama ini belum pernah atau kurang anda garap. Atau bahkan daerah baru yang belum terjamah.

Senada dengan point 4, secara khusus, buka peluang untuk menggarap pasar yang sama sekali belum dipikirkan sebelumnya. Bahkan pikirkan untuk menggarap pasar yang sebelumnya mustahil ditembus. Ada banyak kisah sukses tentang ini, kan? Minimarket, contohnya, bahkan sudah melayani penjualan tiket pesawat, pembayaran angsuran, dan akan terus berkembang sesuai permintaan pasar.

  1. NEGOSIASI kembali kepada para vendor atau supplier anda

Selain meyakinkan pelanggan, tantangan untuk kembali memasuki pasar yang pernah anda tinggalkan adalah merebut kembali kepercayaan vendor atau supplier. Bahwa anda punya penawaran yang lebih menarik: strategi baru, display lebih luas, pembayaran yang lebih tepat waktu.

Jangan khawatir. Banyak perusahaan justru menemukan momentumnya di sini. Bangkit adalah kesempatan untuk membuktikan. Lebih-lebih yang masih memiliki tunggakan di masa lalu, langkah memasuki pasar kembali menjadi semacam garansi akan pelunasan utang. Biasanya, vendor dan supllier yang baik menghargai rekanan yang mau melunasi utang lama lewat penjualan baru. Sebab, ini akan berkelanjutan.

Maka, negosiasikan: volume produksi, tempo pembayaran, kerja sama promosi, dll.

  1. SEDERHANAKAN proses bisnis anda. Anda perlu LEBIH BAIK dan LEBIH CEPAT dalam mengantar produk atau jasa anda.

Sekali lagi cek BUSINESS MODEL anda. Lalu sederhanakan. Fokus pada yang memberikan kontribusi paling besar. Itu artinya juga fokus pada apa yang memberikan kepuasan dan loyalitas bagi pelanggan.

Khusus Eagle, manajemen memperbaiki benar proses penyediaan dan pengiriman produk ke distributor. Distributor pun bergerak cepat menyebarkan produknya ke outlet-outlet yang dikunjungi pelanggan. Jarak antara promosi (iklan) dengan distribusi dipersingkat. Begitu pelanggan menyimak iklan mereka, saat itu juga pelanggan sudah bisa mendapatkannya. Tanpa jeda waktu yang bisa mengubah minat pelanggan.

Program tersebut saya rancang untuk membantu para distributor nasional Eagle Indonesia dalam MELIPATGANDAKAN PENJUALAN dan MENGEMBANGKAN BISNIS mereka. Eagle adalah klien loyal yang telah mengundang saya untuk sharing dalam (setahun dua kali) meeting distributor nasional mereka sejak 2012.

Penasaran bagaimana perusahaan anda bisa meraih sukses MELIPATGANDAKAN PENJUALAN DAN MENGEMBANGKAN BISNIS, anda bisa mengundang Putera Lengkong sebagai “sparring partner” belajar dan pengembangan diri anda serta tim anda, dengan hubungi 021-2932-1243 dan 0813-1009-2248, sekarang.

Salam juara!

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *