ARTIKEL LEADERSHIP – PERANAN SEORANG MANAGER #1

Pada saat Anda menandatangani surat pengangkatan Anda sebagai seorang MANAGER, pada saat itu pula Anda telah menandatangani kontrak sebagai seorang PROBLEM SOLVER.

Ironinya banyak kejadian jabatan atau posisi atau gaji sebagai MANAGER tetapi yang dilakukan malah memberikan MASALAH kepada atasan, tidak mampu MANDIRI, tidak berpikir terlebih dahulu mencari beberapa alternatif sebagai SOLUSI, atau mempunyai INISIATIF dalam mengambil keputusan.

Sebagai seorang MANAGER, posisi Anda berada di tengah-tengah, di antara atasan dan bawahan Anda. Berarti, Anda harus menjadi PROBLEM SOLVER untuk permasalahan yang dihadapi oleh tim / bawahan Anda. Anda diharapkan dapat menjadi jawaban / SOLUSI bagi mereka.

Bagi atasan Anda, Anda harus mampu memberikan minimal beberapa ALTERNATIF SOLUSI untuk permasalahan mereka sehingga mereka tidak harus mulai mempelajari dari awal. Kebanyakan MANAGER meminta saran dan membiarkan atasan mereka yang berpikir sehingga bagi atasan, mereka dirasa mengganggu.

Ibarat seorang pengacara, mereka dibayar untuk memberikan SOLUSI atas permasalahan hukum yang kita hadapi. Seorang dokter, mereka juga dibayar untuk memberikan SOLUSI atas permasalahan kesehatan. Semakin EFEKTIF dan KREATIF SOLUSI yang mereka berikan, semakin HARGA mereka tinggi.

Kalau kita kembali ke peran sebagai seorang MANAGER, Anda tentu dituntut untuk memberikan SOLUSI atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi atasan. Semakin EFEKTIF dan KREATIF SOLUSI yang Anda berikan maka harga Anda akan semakin tinggi pula.

Jadi, mulai saat ini ketika Anda akan bertemu dengan atasan dengan membawa MASALAH, berhenti sejenak, coba PIKIRKAN beberapa ALTERNATIF JAWABAN untuk atasan Anda. Hal ini akan mengangkat citra diri Anda sebagai seorang PROBLEM SOLVER. Demikian pula untuk bawahan Anda, Anda bisa menjadi ROLE MODEL dan mengajak mereka berdiskusi bersama sehingga mereka juga terlatih untuk menghasilkan SOLUSI dengan meniru Anda sebagai ROLE MODEL (atasan) yang SUKSES.

Dengan menjadi seorang PROBLEM SOLVER, Anda telah melatih dan meng-upgrade diri Anda untuk lebih EFEKTIF dan KREATIF dalam memecahkan masalah sekaligus menaikkan HARGA Anda.

Jadi bagaimana, masih mau menjadi MASALAH atau menjadi SOLUSI?

Jika Anda merasa tulisan ini BERMANFAAT untuk Anda, silahkan Anda SEBARKAN kepada rekan-rekan / sahabat / keluarga Anda sehingga mereka juga turut merasakan dan menikmati MANFAAT dari tulisan ini.

SUKSES selalu untuk Anda dan selamat melanjutkan kembali aktivitas Anda!

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment