Leadership | Artikel Leadership – Peranan Seorang Manager #2

Artikel Leadership – Peranan Seorang Manager #2

Leadership | Motivator | Training Motivasi | Pembicara SeminarSeorang MANAGER mempunyai peran sebagai seorang PENERJEMAH (TRANSLATOR), artinya menerjemahkan pesan / perintah atasan ke dalam bahasa yang mudah dimengerti / dieksekusi oleh bawahan / timnya, demikian pula sebaliknya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, MANAGER terletak di tengah-tengah, di antara atasan dan bawahan. Atasan mempunyai PETA (MAP) yang berbeda sekali dengan bawahannya. Contoh: seorang atasan (pemimpin) yang visioner selalu mengarahkan untuk mencapai tujuan yang lebih besar, sehingga bisa dimaklumi mengapa target terus bertambah setiap bulannya. Sementara seorang pelaksana, berusaha mengerem visi dari atasannya tersebut, karena: belum siap, sumber daya dan infrastruktur belum mencukupi, memikirkan resiko dan detil, dan lain sebagainya.

Sehingga perlu peran kita sebagai seorang MANAGER untuk MENERJEMAHKAN perbedaan PETA (MAP) antara atasan yang visioner dan pelaksana yang detil. Karena ketika kita mampu MENERJEMAHKAN perbedaan ini dengan TEPAT justru akan memunculkan SINERGI.

Misalnya:

Kita sebagai MANAGER bisa memperlihatkan resiko dan detil yang mungkin dihadapi ketika organisasi berusaha untuk ekspansi dengan terlalu agresif sehingga sebelum terlalu jor-joran, sudah ada STRATEGI dan BACK UP PLAN untuk mendukung rencana ekspansi tersebut.

Terhadap pelaksana, kita sebagai MANAGER bisa mengarahkan agar mereka dapat LEBIH CEPAT dan LEBIH SIAP karena ini adalah kesempatan langka, begitu rencana ekspansi ini berhasil dan organisasi membutuhkan banyak pimpinan cabang baru maka kemungkinan besar mereka yang akan ditunjuk / dipilih karena keberhasilan / kesuksesan mereka mempersiapkan cabang-cabang baru tersebut.

Coba bayangkan kalau kita sebagai MANAGER tidak mampu menerjemahkan ini dengan baik, atasan bisa jadi menganggap bahwa bawahannya tidak loyal, tidak mau berkembang, tidak mau berubah, pasif dan lain sebagainya. Sementara bagi bawahan mungkin akan menganggap bahwa atasan hanya mengejar keuntungan semata tanpa memperdulikan resiko (resiko menjadi tanggung jawab pelaksana), atasan tidak realistis, dan bisa membuat mereka demotivasi.

Jadi, semoga sekarang Anda mulai menyadari PERAN PENTING Anda sebagai seorang MANAGER!

Sebagai seorang MANAGER, Anda dituntut menjadi seorang PENERJEMAH dan sebagai JEMBATAN PENGHUBUNG antara atasan dan bawahan. Karena ketika bawahan lebih memilih untuk langsung berkomunikasi dengan atasan tanpa melalui Anda dan demikian pula sebaliknya, Anda perlu berhati-hati karena ketika hal tersebut terjadi berarti peran Anda sudah tidak dibutuhkan / tidak penting lagi.

Kebanyakan MANAGER yang mengalami hal tersebut, merasa dilangkahi dan menyalahkan atasan: atasan tidak percaya, atasan terlalu campur tangan, dan bawahan: bawahan tidak tahu etika, bawahan tidak tahu balas budi, dlsbnya. Padahal mungkin kita perlu introspeksi diri, jangan-jangan selama ini kita belum menjadi JEMBATAN PENGHUBUNG yang EFEKTIF.

Jadi, PERAN PENTING Anda sebagai seorang MANAGER adalah JADILAH PENERJEMAH dan JEMBATAN PENGHUBUNG yang BAIK dan EFEKTIF!

Jika Anda merasa tulisan ini BERMANFAAT untuk Anda, silahkan Anda SEBARKAN kepada rekan-rekan / sahabat / keluarga Anda sehingga mereka juga turut merasakan dan menikmati MANFAAT dari tulisan ini.

SUKSES selalu untuk Anda dan selamat melanjutkan kembali aktivitas Anda!

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *