Sales | Artikel Sales – Prinsip Dasar Menjual

Sebagai seorang Sales kita harus memahami prinsip-prinsip dasar di dalam menjual produk / jasa / bahkan diri kita. Dengan memahami prinsip dasar menjual tersebut akan membantu anda untuk mempunyai MINDSET sebagai seorang SALES yang SUKSES serta meningkatkan Motivasi dan PRODUKTIVITAS anda.

Prinsip Dasar Menjual #1 – MENJUAL adalah sebuah PROSES.

Artinya anda harus melakukan PROSES-nya Sales | Trainer Sales | Motivator | Motivasi | Training Motivasidengan tepat baru anda mendapatkan HASIL yang sesuai. Ibarat seorang petani menanam benih tomat maka mereka akan mendapatkan buah tomat, bukan jeruk, bukan manggis. Ketika menanam bibit tomat, seorang petani tentu saja melakukan langkah-langkah yang tepat untuk menghasilkan buah tomat yang segar dan ranum. Mereka tetap memberi pupuk, menyiram dengan rutin, dan mengusir hama / serangga / burung liar, barulah mereka mendapatkan buah tomat impian mereka.

Demikian juga sebagai orang Sales, untuk menutup penjualan (closing), tentu saja harus rutin menelpon pelanggan, mengunjungi mereka, melakukan presentasi, rutin menyebarkan brosur, rajin melakukan follow up, barulah akan memberikan hasil akhir berupa closing.

PROSES juga berarti anda bisa mengukur langkah demi langkah / tahapan demi tahapan apakah sudah tepat atau belum sehingga anda bisa memperbaikinya untuk meningkatkan hasilnya.

Masih memakai contoh petani, ketika hasil panenan ternyata tidak sesuai ekspektasi, mereka bisa menelaah kembali, misalnya mungkin bibit tomatnya kurang bagus, pupuk yang digunakan kurang tepat, mereka tidak menyiram dengan rutin, atau mungkin mereka tidak menjaga buah tomat mereka dengan seksama.

Sama juga sebagai orang Sales, menjual adalah sebuah PROSES. Mereka harus bisa menelaah kembali di tahapan mana mereka masih kurang atau mungkin cara pendekatan yang kurang tepat. Misalnya mungkin saya mencari segmentasi / profil calon pelanggan yang kurang sesuai atau saya mencari di tempat yang kurang tepat, mungkin cara saya menelpon dan membuat janji yang kurang pas, atau mungkin cara saya membangun hubungan (keakraban) yang kurang tepat / ekologi, atau mungkin saya kurang rutin dalam menelpon, melakukan kunjungan, menyebarkan brosur, dan memfollow up.

Dengan fokus di PROSES (tahapan-tahapan sebelum closing) maka kemungkinan besar akan memberikan anda HASIL sesuai dengan ekspektasi. Selama ini kebanyakan orang Sales hanya fokus di HASIL sehingga jelas saja seringkali tidak memberikan hasil sesuai harapan karena mereka melupakan bahwa salah satu prinsip dasar di dalam menjual adalah fokus pada PROSES-nya.

Dengan kata lain, NO RAPPORT NO SALE! Tidak ada keakraban maka tidak ada penjualan. Bagaimana bisa terjadi penjualan kalau tidak ada tahapan-tahapan untuk membangun keakraban? Dan tahapan-tahapan inilah yang menjadi FOKUS dari orang-orang Sales yang telah SUKSES.

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *