Cerdas Mengolah Informasi di Era Digital

Marketing | Cerdas Mengolah Informasi di Era Digital

Marketing | Motivasi | Inspirational | Motivator Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sahabat Juara,

Kekhawatiran banyak pihak belakangan akan fenomena berita palsu (hoax) semakin menggema di mana-mana. Media sosial dianggap telah bergeser sebagai media pemecah relasi sosial karena tiadanya kontrol terhadap persebaran informasi. Wajah media sosial memburuk dipenuhi oleh ujaran-ujaran kebencian dan permusuhan.

Apa yang sebaiknya kita lakukan? Bagaimana sebaiknya kita bersikap?

Saya mengajak Anda sekalian untuk turut ambil bagian dalam gerakan menghentikan gelombang persebaran berita palsu tersebut. Selebihnya, saya mengajak Anda sekalian untuk mulai atau kembali mencermati informasi yang kita terima, atau kita produksi, sebelum kita memutuskan apakah informasi itu layak disebarkan atau tidak.

Ajakan saya ini bukan tanpa alasan. Fenomena berita palsu bukan saja mengancam kehidupan bermasyarakat, melainkan juga mengancam kehidupan berorganisasi dan berbisnis. Bukan tidak mungkin imbas fenomena itu menyusupi organisasi atau bisnis kita. Saya tidak bisa membayangkan apa yang terjadi jika organisasi dan bisnis kita hanyut dalam gelombang buruk tersebut.

Mari kita tengok ke dalam, bukankah organisasi dan bisnis kita sangat sarat dengan persebaran informasi? Bukankah setiap pekerjaan kita, baik sebagai profesional maupun sebagai pebisnis, melibatkan penyusunan dan pengolahan informasi, baik mengirimkan, meneruskan, maupun menerima? Bukankah keberhasilan organisasi kita sangat ditentukan oleh ketepatan memilih dan mengolah informasi? Dan bukankah keputusan pelanggan kita terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan dipengaruhi oleh informasi yang mereka terima?

Jadi, betapa “ketepatan informasi” begitu penting dalam organisasi dan bisnis—yang di belakang produksinya ada kita. Nah, maka, saya ingin mengingatkan Anda sekalian untuk mencermati kembali informasi, dengan cara:

SEBAGAI PEMBUATAN DAN PENGIRIM INFORMASI

Pastikan dan cek kembali:

  • Kebenaran dan ketepatan data
  • Ketepatan momentum
  • Relevansi dengan penerima informasi
  • Kejelasan bahasa
  • Cantumkan waktu penerbitan informasi dan batas waktu berlakunya informasi
  • Cantumkan sumber informasi dan contact person yang dapat dihubungi oleh penerima informasi

SEBAGAI PENERIMA DAN PENERUS INFORMASI

Pastikan dan cek kembali:

  • Sumber informasi: siapa yang mengirim?
  • Sumber referensi: siapa yang dicantumkan sebagai narasumber?
  • Sumber konfirmasi: contact person untuk cek kebenaran informasi
  • Tujuan informasi: apakah benar informasi untuk Anda? Jika tidak, abaikan!
  • Substansi informasi: benar, baik, dan bermanfaat?
  • Sifat informasi: penting dan mendesak?
  • Risiko informasi: saat meneruskan informasi, tambahkan pengantar supaya penerima informasi lebih tepat menerima pesan

Filter informasi seperti di atas sebaiknya kita jadikan kebiasaan dalam keseharian. Tujuannya sederhana. Sebagai pemimpin, kita tahu bagaimana mengarahkan tim secara tepat dan sukses mencapai hasil. Sebagai tim, kita tahu bagaimana menerima dan menjalankan tugas hanya berdasarkan informasi dan instruksi yang jelas dari sumber yang jelas. Sebagai profesional, kita tahu bagaimana mengelola informasi secara bijak.

Di NLP (Neuro-Linguistic Programming), yang biasanya saya kupas tuntas di training yang saya bawakan, sikap kritis dalam mengelola informasi ini disebut “milton model” dan “meta model”. Di kesempatan lain saya akan membahasnya untuk Anda. Kali ini saya tidak ingin membahas apa saja manfaat yang Anda rasakan ketika sudah menguasai teknik tersebut, selain mudah dan efisien menyusun informasi dan terhindar dari bencana berita palsu.

Untuk mengundang Putera Lengkong sebagai “sparring partner” belajar dan pengembangan diri anda serta tim Marketing anda, adan dapat menghubungi 021-2932-1243 dan 0813-1009-2248, SEKARANG!

Salam Juara!

——-

Kalau Bapak/ Ibu adalah seorang Business Owner atau Manager, Saya punya sebuah hadiah berupa booklet yang berisikan topik training selama 2017 dan sebuah CD Audio untuk Executive.

Kalau Bapak/ Ibu mau dikirimkan ke alamat Anda, silahkan hubungi atau tinggalkan pesan (HP dan alamat email) kepada tim kami di 021-2932-1243 atau 0813-1009-2248.

Bapak/ Ibu bisa mengakses web kami di http://EkselensiIndonesia.com dan http://PakarTraining.com.

Semoga bisa membantu memberikan Motivasi & SOLUSI atas permasalahan yang mungkin sedang terjadi di organisasi Bapak/ Ibu.

Salam,

Putera Lengkong, MBA
Coach Olimpian Emas Indonesia di Rio 2016
http://PuteraLengkong.net

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *