Sudahkah Anda dan Perusahaan Anda Siapkan Agenda Training Untuk Tahun Depan?

 

Training and Development concept with hand pressing social icons on blue world map background.

Sahabat JUARA,

Tempus fugit. Waktu melesat. Serasa baru kemarin, hari ini kita sudah masuki bulan-bulan akhir 2016.

Sembari mengevaluasi perjalanan anda, tim anda, dan perusahaan anda, apa saja yang sudah Anda siapkan untuk masuki tahun 2017? Saya pastikan anda sudah siapkan perencanaan terbaik untuk mencapai performa yang lebih tinggi di tahun depan.

Sebagai trainer yang sudah dipercaya banyak perusahaan nasional dan internasional, kali ini saya ingin sampaikan satu aspek yang sebaiknya menjadi prioritas tahun depan. Apa itu? Pengembangan tim (sumber daya manusia).

Dari riset sederhana yang saya lakukan berdasarkan pengamatan dan penilaian terhadap kinerja perusahaan-perusahaan papan atas yang saya fasilitasi, pengembangan tim merupakan prioritas sangat serius bagi mereka. Justru di tengah arus besar kemajuan teknologi, peran sumber daya manusia semakin tidak bisa ditinggalkan. Tentu saja, SDM yang dibutuhkan adalah SDM yang akrab dengan teknologi, bahkan mampu mengoptimalkan teknologi untuk mencapai keunggulan perusahaan.

Tantangannya adalah, bagaimana menyiapkan SDM seperti itu? Jika tidak merekrut orang baru, bagaimana memberdayakan SDM yang sudah ada? Metode apa yang pas untuk pemberdayaan itu?

Ada banyak pendapat mengenai hal ini. Satu di antara banyak pendapat itu menyebutkan “training” sebagai salah satu metode yang pas untuk mendongkrak performa karyawan unggul. Pendapat-pendapat tersebut menyebutkan, bagi karyawan yang secara knowledge, skill, dan attitude baik, training adalah pilihan pas untuk menaikkan kapasitas dan kecakapan mereka.

Saya sepakat. Klien-klien yang saya dampingi rata-rata menunjukkan performa yang lebih bagus dari sebelumnya. SDM yang diikutkan dalam training umumnya mengalami lonjakan prestasi yang signifikan.

Apakah performa itu karena trainingnya bagus? Tentu saja.

Apakah performa itu karena trainernya yang kompeten? Tentu saja.

Apakah performa itu karena manajemen perusahaan mengawal tim pascatraining secara berkelanjutan? Tentu saja.

Ya, banyak faktor yang menyebabkan tim meningkat performanya usai di-training. Banyak faktor juga yang menyebabkan training berdampak sangat signifikan dalam peningkatan performa tim. Kali ini saya mau berbagi tentang kunci utama keberhasilan training dalam perusahaan. Apa itu? PERENCANAAN TRAINING.

Perusahaan dengan performa atas sudah menempatkan training sebagai kesatuan tak terpisahkan dengan kinerja perusahaan. Secara biaya, training bukan lagi cost melainkan investment. Secara mental, training bukan sekadar rehat dari rutinitas melainkan penyegaran kapasitas.

Maka, tim personalia perusahaan yang mengelola training perusahaan menyiapkan betul training-training yang mereka selenggarakan. Yang membedakan dengan perusahaan-perusahaan yang belum sadari ini adalah, mereka merancang secara sangat serius training-training tahun depan sejak saat ini. Daftar pertanyaan ini jadi acuan mereka:

  1. Figur
  • Siapa yang berprestasi?
  • Siapa yang mau dipromosikan?
  • Siapa yang dipercaya memberikan training?
  1. Substansi
  • Materi apa yang dibutuhkan karyawan?
  • Metode training apa yang pas untuk materi-materi tersebut?
  1. Waktu
  • Kapan saat terbaik tim di-training?
  1. Lokasi
  • Di mana training akan diselenggarakan? Di dalam perusahaan atau di luar?
  1. Standar
  • Bagaimana mengukur keberhasilan training?
  • Alat ukur apa yang akan diterapkan?
  • Siapa yang kompeten men-supervisi pengukuran ini?

Masih banyak lagi pertanyaan lebih detail yang biasa disusun oleh tim personalia. Dan, mereka selalu melibatkan trainer dalam penyusunan ini. Mereka percaya, training yang baik adalah yang sesuai dengan kebutuhan sehingga setiap training dirancang secara serius dan khusus. Bulan-bulan ini adalah saat terbaik untuk menyusun agenda training tahunan tersebut.

Sudahkah anda dan perusahaan anda siapkan agenda training untuk tahun depan?

Salam juara!

 

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *