Leadership | Motivator | Training Motivasi | Motivator Indonesia
Anak menikmati banjir 2013

Leadership | Manusia (seharusnya) adalah mahluk yang paling mudah beradaptasi

Pengalaman berangkat dari Gading Serpong ke Jakarta untuk membawakan pelatihan Leadership dan managerial di Harris Tebet membuat saya menggeneralisasi (seperti judul di atas) bahwa manusia (seharusnya) adalah mahluk yang paling mudah beradaptasi. Mudah beradaptasi artinya mudah menyesuaikan diri dan belajar sesuatu dari pengalaman masa lalunya.

Sebagai contoh, Kamis tgl 17 Januari 2013 adalah hari Jakarta terkepung banjir sehingga banyak ruas-ruas jalan baik protokol maupun arteri tidak bisa dilalui. Jakarta seolah lumpuh. Macet di sana-sini. Banyak ruas jalan yang ditutup. Banyak kendaraan mogok ketika mencoba menerobos banjir. Perjalanan dari Gading Serpong ke Jakarta, saya tempuh selama 4 jam.

Hari ini, Jumat tgl 18 Januari 2013, jalanan sangat lancar sehingga sekitar 1 jam, saya sudah sampai di venue pelatihan. Menurut driver saya, kemungkinan ada beberapa sebab: (1) ada yang memilih untuk tidak masuk kantor, (2) ada yang berangkat lebih pagi (subuh), (3) ada yang sudah mempelajari lokasi-lokasi yang terendam banjir sehingga bisa merencanakan di awal untuk jalur perjalanannya, (4) ada yang sudah bertanya sana-sini untuk mencari tahu jalur alternatif.

Dari hal tersebut, apa yang bisa kita pelajari?

Bahwa manusia (seharusnya) mudah untuk beradaptasi / berubah / menyesuaikan diri apalagi ketika ini berhubungan dengan kepentingan dirinya.

Tetapi mengapa ketika ini dibawa ke konteks profesi / pekerjaan, banyak manusia yang enggan berubah?

1. Mungkin mereka tidak menyadari / memahami URGENSI untuk berubah

2. Mungkin mereka tidak melihat PERUBAHAN tsb sebagai sesuatu yang menguntungkan / membawa BENEFIT bagi mereka

3. Mungkin mereka sudah merasa terlalu NYAMAN

4. Mungkin mereka malas untuk meng-adjust lagi KNOWLEDGE, SKILLS, dan COMPETENCIES yang mereka miliki

5. Mungkin mereka merasa TAKUT / RAGU / SIA-SIA untuk berubah

6. Dlsbnya

Sehingga berikut adalah beberapa TIPS PRAKTIS bagi rekan-rekan pemimpin yang sedang melakukan PERUBAHAN di organisasinya supaya menjadi LEBIH PERCAYA DIRI dan EFEKTIF untuk memulai / memimpin perubahan tsb:

1. Tunjukkan kepada tim Anda, URGENSI untuk berubah, tanyakan kepada diri Anda sendiri: MENGAPA (WHY) harus berubah. Anda sendiri harus mampu menjawab pertanyaan tsb dengan baik supaya dapat menginspirasi tim Anda untuk berubah. Semakin MENDESAK (URGENT) maka semakin CEPAT mereka bergerak. Contoh: URGENSI untuk masuk kerja / absen / mendapatkan uang makan dan transport harian membuat teman2 pekerja rela menembus banjir / berbasah-basahan.

2. Tunjukkan kepada tim Anda, apa BENEFIT bagi mereka ketika mereka berubah. Berubah tidak menjamin keberhasilan tetapi keberhasilan hanya bisa dicapai dengan berubah. Ketika BENEFIT itu sedemikian jelas bagi mereka maka mereka akan melakukan perubahan dengan sukarela.

3. Selalu tantang (challenge) tim Anda untuk capai lebih karena ketika orang merasa sudah sampai di puncak bukit maka dia tidak akan melihat puncak gunung. Dia akan berpuas diri dan merasa nyaman. Tunjukkan dia puncak gunung sehingga dia sadar bahwa masih ada puncak2 kesuksesan lainnya.

4. Bantu dan support mereka dengan sistem dan fasilitas yang mendukung supaya mereka mau terus-menerus belajar dan meng-upgrade diri karena jika manusia berhenti belajar maka otomatis dia ‘mati’ secara intelektual. Luangkan waktu untuk mengajarkan / melatih mereka.

5. Mereka merasa takut / ragu2 / sia-sia untuk berubah bisa jadi karena mereka tidak bisa melihat hasil akhirnya, mereka merasa ‘hopeless’, mereka merasa tidak ada yang mendukung, dlsbnya. Sehingga tugas Anda adalah menunjukkan kepada tim Anda hasil akhir yang mau dicapai, dukung dan motivasi mereka selama proses untuk mencapai hasil akhir tsb.

Demikian. Semoga bisa membantu Anda, para sahabat pemimpin supaya menjadi LEBIH PERCAYA DIRI dan EFEKTIF untuk memulai / memimpin PERUBAHAN di organisasi Anda.

Sukses selalu dan Salam Juara!

Catatan:

Buku National Best Seller “9 Prinsip Kesuksesan Sang Juara” telah tersedia kembali di seluruh TB Gramedia di tanah air. Happy hunting! Aplikasikan untuk menjadi JUARA SEJATI!

Untuk Training Motivasi , Training Leadership di perusahaan anda dan mengundang Motivator Indonesia Putera Lengkong silahkan hubungi : 0813.1009.2248