Menjadi Pribadi Berkelas

Coach Olimpian Emas | Menjadi Pribadi Berkelas

Coach Olimpian Emas | Motivator Indonesia | Training Motivasi

Sahabat Juara,

Disrupsi yang melanda dunia bisnis belakangan memunculkan pertanyaan: siapa yang akan selamat? Lebih lanjut, untuk bisa selamat, prasyarat apa yang dibutuhkan? Oh ya, lagi, setelah selamat apa langkah selanjutnya?

Pertanyaan di atas benar-benar penting untuk kita sadari dan kemudian temukan jawabannya. Sebab, kini dan ke depan, tidak ada yang bisa terhindar dari gelombang disrupsi. Siapa pun di level apa pun bisa terhempas jika tak siap. Perusahaan dengan kapasitas sebesar apa pun bisa kulaps jika tak mengantisipasi. Bahkan, dunia ini bisa luluh lantak jika semua saling menyerang dan melumpuhkan.

Baiklah, terlalu jauh untuk ke sana. Lebih baik kita kembali ke pertanyaan paling dekat dan kemudian kita temukan solusi paling konkretnya. Tentu saja, terutama, untuk menolong kita menyiapkan kuda-kuda supaya tetap kokoh saat badai disrupsi melintas.

Saya teringat Dan Sullivan. Ia pencipta “the strategic coach program”. Sebagai Coach Olimpian Emas, yang sudah mengantarkan tim bulutangkis Indonesia meraih medali emas di olimpiade dan laga internasional lainnya, saya merasa apa yang disampaikan Dan layak untuk saya bagikan kepada anda.

Program yang diciptakan Dan adalah hasil dari programnya melatih orang-orang berprestasi sangat tinggi dengan penghasilan di atas 1 juta dolar per tahun. Garis bawah saya: ia pelatih orang berprestasi sangat tinggi. Ya, tinggi! Bukan sekadar berprestasi. Pesan utama dari programnya adalah, “Jadilah pribadi berkelas!”

Saat menggulirkan program itu, Dan mengajak peserta untuk menyadari bahwa ada orang yang tidak sadar bahwa ia berkelas. Umumnya mereka terjerat dalam belenggu yang mereka ciptakan sendiri, yakni merasa takut, cemas, atau was-was. Nah, setelah belenggu itu dilepaskan, Dan mendapatkan ciri-ciri pribadi berkelas:

#1 Mematok standar tertinggi: mereka berpegang pada nilai yang memacu mereka melebihi orang lain. Nilai itu menjaganya untuk melakukan yang terbaik, ada atau tidak ada orang lain.

#2 Tahan tekanan: kendali ada di diri mereka sendiri, apa pun situasinya. Jika ada tekanan, mereka tenang mengendalikan dan kemudian membebaskan diri secara elegan.

#3 Memikirkan orang lain: sadar bahwa mereka dibentuk oleh orang lain maka mereka pun sadar untuk melatih orang lain mencapai standar tinggi seperti mereka dulu dilatih.

#4 Luaskan sudut pandang: mereka tahu, ketidaksuksesan hanyalah karena membiarkan diri terbelenggu keterbatasan. Membebaskan diri dari keterbatasan itu niscaya dapatkan kesuksesan dan jadi pribadi dengan standar tinggi.

#5 Tingkatkan mutu pengalaman: kualitas tinggi tak berarti segala sesuatu harus tinggi. Kemampuan meninggikan sesuatu yang tampak sederhana justru menjadikan mereka berkelas tinggi.

#6 Bertanggung jawab atas proses dan hasil: keduanya, bukan salah satu. Jika gagal mereka katakan gagal, jika berhasil mereka jadikan pijakan untuk mencapai kesukses berikutnya.

#7 Bertumbuh: hukum alam bekerja sempurna. Segala yang hidup harus bertumbuh. Mereka sadar, menjadi luar biasa berarti bertumbuh secara luar biasa.

#8 Mengembangkan makna menjadi manusia: mereka paham, tujuan sekaligus batasan pencapaian diukur dari kemanfaatan bagi manusia. Fokus pada kemanusiaan adalah ciri-ciri pribadi berkelas.

Keren kan konsepnya? Sederhana dan mudah diaplikasikan. Dalam pelatihan-pelatihan yang saya selenggarakan, kemudahan itu saya naikkan levelnya menjadi mudah pula untuk ditularkan kepada tim dan orang lain. Artinya, pribadi berkelas bukan sekadar menerima dan melaksanakan program melainkan bagaimana mampu membagikan program tersebut kepada khalayak yang lebih luas dengan dampak yang lebih besar.

Jika anda ingin tahu bagaimana persisnya memotivasi para karyawan di era disrupsi, anda bisa undang Coach Olimpian Emas Putera Lengkong sebagai “sparring partner” belajar dan pengembangan diri anda serta tim anda, dengan menghubungi 021-2932-1243 dan 0813-1009-2248, SEKARANG!

Salam Juara!

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *