Meski Kecil, Peran Pemimpin Itu Besar

Leadership | Meski Kecil, Peran Pemimpin Itu Besar

Leadership | Kepemimpinan | Motivator Indonesia | Pembicara Seminar

Ada satu ungkapan dari bahasa Prancis yang mengagetkan saya, “Ce qua nous faisons est à peine une goutte d’eau dans l’ocean, mais si nous ne faisons pas notre goutte d’eau manuqerait à  l’océan.” Artinya: “Apa yang kita kerjakan hampir tidak lebih dari setetes air dalam samudera. Tetapi kalau kita tidak mengerjakannya, maka samudra itu akan berkekurangan satu tetes air kita.”

Sahabat Juara,

Saya kaget dengan ungkapan itu ketika pagi ini merenungkan hendak menulis apa tentang kepemimpinan di era digital ini. Sebagai leadership trainer dan coach olimpian emas Indonesia, saya meyakini bahwa di era digital ini peran kepemimpinan sangat vital. Dan justru karena vital itu, saya terus mempelajari model kepemimpinan apa yang pas untuk zaman ini.

Di tulisan-tulisan sebelumnya saya sudah banyak menghadirkan topik seputar kepemimpinan. Di antaranya, bagaimana memimpin dengan kepala dan dengan hati. Tulisan itu mendapatkan sambutan hangat dari klien dan peserta seminar saya. Rupanya, topik kepemimpinan banyak digemari.

Pagi ini, dari ungkapan bahasa Prancis itu, saya mendapatkan perspektif yang berbeda tentang kepemimpinan, utamanya kepemimpinan di era digital. Ada sesuatu yang membedakan model kepemimpinan di era ini dengan era sebelumnya. Di era sebelumnya, yang boleh kita sebut sebagai era analog, kepemimpinan itu kasat mata: terlihat, terukur. Kepemimpinan di era itu mesti bisa dikenali dengan tanda-tanda yang jelas. Karena ada hierarki dalam organisasi, maka pemimpin dan yang dipimpin mesti tertandai bedanya. Pemimpin mesti tampak lebih: berani, inisiatif, dan artikulatif.

Di era digital, ketika hierarki tidak ada lagi, ketika jalur status pemimpin dan yang dipimpin sejajar, atau dalam satu lingkaran yang saling bergantian peran, warna kepemimpinan tak lagi mencolok pada sosok. Ia melekat pada semangat. Yang dibutuhkan bukan lagi pemimpin yang menonjol dalam hal pembawaan, melainkan pemimpin yang sanggup menampilkan kinerja tanpa terlihat siapa lebih menonjol dari yang lain. Kepemimpinan harus mengejawantah dalam tim. Pemimpin pun menjadi anonim alias tidak perlu terlihat identitasnya.

Tampak seperti bertolak belakang ya?

Setelah membaca ungkapan bahasa Prancis tadi, saya menemukan kebenaran paparan di atas. Bahwa pemimpin di era digital justru harus hadir sepenuh-penuhnya dalam sistem, di tengah tim, dan terasa dampaknya bagi pelanggan. Namun tidak harus tampak!

Apa artinya? Di tengah zaman yang tuntutan atas kualitas kepemimpinan semakin tinggi, justru yang dibutuhkan adalah pemimpin yang rendah hati. Paradoksal memang. Dan paradoks kepemimpinan inilah yang semakin mewarnai era digital. Orang berlatih supaya ketika tampil tidak tampak terlatih. Orang bekerja keras justru supaya sistemnya membuat siapa pun merasa dimanjakan. Pemimpin menempa diri dengan berbagai pelatihan justru supaya timnya maju.

Paradoksnya lagi, meski tak boleh menonjol, pemimpin digital juga tak boleh menghilang. Sebab, ketiadaannya berakibat adanya kekosongan. Meski setetes, ketiadaannya tetap berarti samudera itu kurang setetes alias tidak lagi sempurna.

Ungkapan di atas kemudian menegaskan pendapat bahwa sekecil apa pun peran pemimpin itu besar. Kepemimpinan boleh saja melahirkan sistem yang bagus, rapi, dan otomatis. Namun, tanpa kehadiran pemimpin, sistem itu tetap ada kurangnya. Maka, sadari peran besar dalam celah kecil yang kunci itu, semangat kepemimpinan dalam organisasi atau perusahaan selayaknya mendapatkan perhatian penting. Mereka yang diunggulkan sebagai pemimpin tetap harus menggembleng diri menaikkan kapasitas dan kecakapan supaya roda dinamis organisasi tidak berhenti.

Untuk mengundang Trainer Leadership Putera Lengkong sebagai “sparring partner” belajar dan pengembangan diri anda serta tim anda, anda dapat menghubungi 021-2932-1243 dan 0813-1009-2248, SEKARANG!

Salam Juara!

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *