Decide Your Resolution and Start Breaking It Down Beyond Milestone

Motivasi | Decide Your Resolution and Start Breaking It Down Beyond Milestone

Motivasi | Motivator Indonesia | Pembicara Seminar

Sahabat Juara,

Saat obrolan sudah mulai senyap dari topik “resolusi”, ada baiknya kita tidak begitu saja menganggapnya sepi. Dari pengamatan saya, orang-orang sukses, seperti saya, lakukan hal-hal berikut ini yang anda bisa ikuti:

Pertama, orang sukses selalu memperjelas tujuan sejelas-jelasnya. Jelas wujudnya, bisa dirasakan hasilnya, dan bisa dibayangkan bagaimana komentar orang ketika sukses mereka tercapai. Mereka membayangkan setiap rencana seolah-olah sudah menjadi kenyataan. Artinya, sebelum sukses menjadi kenyataan, sukes bisa dimulai dari kenyataan di pikiran. Maka, penting bagi Anda memvisualisasikan tujuan seriil mungkin.

Kedua, orang sukses tahu apa arti sukses bagi mereka. Mereka mencapai sukses karena pertama-tama tahu apa arti penting sukses itu bagi mereka. Mereka juga tahu apa kerugian besar mereka jika tidak sukses. Nah, jika Anda mau sukses seperti mereka, anda perlu tanamkan di hati apa arti sukses itu bagi mereka. Sekaligus, Anda bayangkan apa kerugiannya jika Anda tidak mencapai sukses itu, terutama jika kegagalan itu terjadi akibat Anda tidak serius mengusahakannya.

Saat merumuskan arti sukses tersebut, sekaligus bayangkanlah siapa saja yang ada di sukses itu; siapa saja yang berarti bagi Anda dan menjadi tujuan dari sukses tersebut; apa arti sukses bagi mereka. Setiap orang punya orang-orang penting dalam hidupnya. Orang-orang penting inilah yang memperkuat atau mempertegas langkah untuk mencapai sukses. Boleh diam-diam Anda mengikrarkan dalam hati lalu kelak memberi kejutan, boleh juga Anda deklarasikan supaya mereka turut mengawal dan menantikan tercapainya sukses tersebut. Saya sendiri melakukan keduanya.

Ketiga, tentukan batu loncatan (milestone). Orang-orang sukses, seperti saya juga lakukan, menyimpan rahasia bagaimana mimpi semustahil apa pun akhirnya tercapai. Mereka menyebutnya sebagai “langkah manusia mencapai tujuan ilahi”. Artinya, percaya saja bahwa Tuhan mengizinkan apa pun permohonan kita, tinggal kita menempuhnya secara manusiawi: langkah demi langkah. Sebab, tujuan sejauh apa pun selalu memerlukan langkah pertama, kedua, dan seterusnya untuk mencapainya.

Dalam konteks resolusi tahunan, letakkan batu loncatan tiap periode tertentu. Bisa bulanan, bisa triwulanan. Bisa pula mingguan supaya proses terkawal secara ketat dan terjamin keberhasilannya. Rayakan setiap pencapaian, sekecil apa pun. Secara mental, keberhasilan-keberhasilan kecil yang dirayakan menebalkan jalir sukses di pikiran, dan dengan begitu memudahkannya untuk mengulang sukses itu sampai sukses terbesar tercapai. Ingat, tak ada pula sukses besar yang tiba-tiba. Selalu ada sukses-sukses kecil yang entah disadari atau tidak sudah membuka jalan menuju sukses besar. Maka, jika Anda pernah sukses dalam mewujudkan resolusi-resolusi tahun lalu, undang kembali ingatan sukses itu untuk memudahkan penempuhan rute sukses baru.

Keempat, kontrol prosesnya. Saat Anda tentukan milestone tersebut, Anda juga sedang mengantisipasi kegagalan. Kenapa? Karena pada saat Anda mencapai sukses-sukses kecil, Anda pasti menemukan apa saja yang mengantarkan Anda pada keberhasilan sekaligus Anda bisa mengenali faktor-faktor apa saja yang menghambat keberhasilan. Deteksi sedari dini potensi kegagalan, lalu segera temukan dan laksanakan strategi baru yang lebih menjamin pencapaian sukses. Di titik ini dibutuhkan kebesaran hati: tinggalkan cara yang terbukti tidak efektif.

Kelima, belajar dari orang sukses. Orang-orang sukses, seperti saya juga lakukan, tak mau berpuas diri dan menganggap dirinya paling hebat. Mereka meyakini, ada orang lain yang juga sukses, bahkan lebih sukses darinya. Maka penting belajar dari orang lain tersebut. Lebih-lebih belajar sikap dan cara baru yang kita tidak pikirkan itu bisa sebelumnya.

Ketujuh, yakin bisa. Sebagai “mental coach” olimpian peraih emas, saya akhirnya makin meyakini bahwa di atas keahlian/kecakapan (skill) dan pengetahuan (knowledge) sehebat apa pun, sikap mental teramat penting sebagai kunci sukses. Jika saya simpulkan, sikap mental yang terutama adalah keteguhan dan ketabahan untuk menjaga api “aku bisa” sedari awal, dalam perjalanan, hingga akhir pencapaian. Lazim terjadi, api “aku bisa” hanya berkobar di awal lalu meredup di tengah-tengah dalam kejenuhan, berujung pada padamnya api sebelum sampai tujuan. Nyala api “aku bisa” selalu perlu dijaga, dituangi minyak, dan dilindungi dari badai angin. Training, coaching, dan seminar adalah beberapa minyak yang sangat penting diikuti untuk menjaga nyala api tetap dan semakin menyala-nyala.

Bagaimana? Sudah semakin siap sukses capai resolusi 2017? Ingat 6 langkah yang sudah dibuktikan kesuksesannya oleh klien-klien besar saya ini.

Untuk mengundang Putera Lengkong sebagai “sparring partner” belajar dan pengembangan diri Anda serta tim Anda, dapat langsung menghubungi 021-2932-1243 dan 0813-1009-2248.

Salam Juara!

——-

Kalau Bapak/ Ibu adalah seorang Business Owner atau Manager, Saya punya sebuah hadiah berupa booklet yang berisikan topik training selama 2017 dan sebuah CD Audio untuk Executive.

Kalau Bapak/ Ibu mau dikirimkan ke alamat Anda, silahkan hubungi atau tinggalkan pesan (HP dan alamat email) kepada tim kami di 021-2932-1243 atau 0813-1009-2248.

Bapak/ Ibu bisa mengakses web kami di http://EkselensiIndonesia.com dan http://PakarTraining.com.

Semoga bisa membantu memberikan Motivasi & SOLUSI atas permasalahan yang mungkin sedang terjadi di organisasi Bapak/ Ibu.

Salam,

Putera Lengkong, MBA
Coach Olimpian Emas Indonesia di Rio 2016
http://PuteraLengkong.net

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *