Start Strong, Jurus Sakti Menangi Persaingan Sejak Awal

Motivasi | Start Strong, Jurus Sakti Menangi Persaingan Sejak Awal

Motivasi | Motivator Indonesia | Pembicara Seminar

Sahabat Juara,

Awal pekan ini saya tersenyum kecut. Saat mengamati kinerja beberapa perusahaan dan organisasi, saya mendapati beberapa di antara mereka masih sibuk dengan rapat kerja dan rewarding. Haloooo, ini sudah memasuki pekan terakhir Januari. Artinya, 2017 bersiap memasuki bulan kedua. Artinya, bulan berikutnya sudah saatnya melakukan evaluasi triwulanan.

Mengapa saya tersenyum kecut? Sebab, fakta-fakta menunjukkan, mereka yang memulai di saat yang tepat saja belum tentu sukses, apalagi yang terlambat. Saya tidak akan mengajak anda membayangkan bagaimana kelak mereka menutup tahun ini.

Yang ingin saya ajakkan pada Anda adalah bagaimana di pekan-pekan kritis seperti ini, Anda dan organisasi yang Anda pimpin benar-benar fokus MELAKSANAKAN PERENCANAAN yang sudah disusun manis di akhir tahun lalu. Sudah tidak pada tempatnya MERENCANAKAN PELAKSANAAN.

Saya gembira, di tengah senyum kecut itu, ada secercah harapan dari perusahaan yang bahkan tidak sekadar melaksanakan perencanaan, melainkan MEMPERCEPAT PELAKSANAAN. Perusahaan itu bernama Astra Life, perusahaan asuransi yang lebih fokus ke employee benefit (kesehatan, jiwa, dan pensiun).

Apa yang menggembirakan saya? Bahwa mereka meyakini, untuk memenangi persaingan, keseriusan saja tidak cukup. Harus cepat. Bahkan, cepat saja tidak cukup. Harus lebih cepat. Mereka meyakini, di industri yang sudah matang, pesaing-pesaing mereka pasti juga sudah merencanakan strategi-strategi jitu untuk memenangi persaingan. Secara garis besar, memenangi persaingan bisa lewat: lebih baik, lebih hebat, lebih besar, dan… lebih cepat.

Astra Life mengingat, perusahaan kecil saja berprinsip, “Jika tidak bisa lebih baik ya lebih cepat.” Nah, bagaimana dengan mereka sebagai perusahaan yang sudah besar dan matang? Masa kalah dengan perusahaan kecil? Maka, setelah baik, hebat, dan besar, bagaimana menjadi lebih cepat?

Saya beruntung menerima undangan dari Astra Life, pekan lalu. Mereka bilang, semangat untuk lebih cepat begitu besar, namun bagaimana caranya masih tanda tanya. Mereka sadar, kecepatan pun berisiko. Apa saja?

  1. Salah arah

Risiko paling ringan dari kecepatan adalah tergesa-gesa, asal bergerak tanpa mengindahkan kaidah-kaidah yang sudah ditetapkan, dan buru-buru ingin lekas sampai tujuan tanpa cermati rute yang harus ditempuh. Bisa ditebak: dielu-elukan di awal namun tak pernah sampai di tujuan.

  1. Kurang tenaga

Akibat buru-buru, persiapan kurang. Akibatnya asal cepat memulai namun gebrakannya tidak terasa. Publik, pelanggan, dan pesaing tidak terpengaruh apa pun oleh gerakan Anda. Malah, jika loyo akan jadi bahan tertawaan.

  1. Habis tenaga

Buru-buru sering disertai dengan kurang bekal. Istilah lazimnya: tenaga besar, akal kecil. Hanya bersemangat di awal, namun di tengah jalan kehilangan semangat. Saat kompetitor menyusul tidak memiliki cadangan strategi supaya tetap menang hingga akhir pertandingan. Ini banyak terjadi di perusahaan-perusahaan yang miskin inovasi namun kaya sensasi. Mereka kerap terjebak dalam sensasi sesaat namun tidak memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana mengembangkan ide-ide baru.

  1. Tidak kompak

Kecepatan adalah impian buruk organisasi atau perusahaan besar. Di level ide mereka setuju dengan gagasan kecepatan. Namun di level operasional mereka kedodoran. Ibarat rangkaian kereta api, tenaga besar lokomotif kerap terhambat oleh sikap pasrah gerbong yang digandengnya. Organisasi besar perlu belajar dari konsep kereta listrik yang membagi sumber-sumber tenaganya di tiap gerbong sehingga akselerasi kecepatan mereka merata.

  1. Tidak terkomunikasikan

Nah, ini yang kerap dilupakan. Kecepatan ada dalam kompetisi. Dan kompetisi yang sempurna adalah kompetisi terbuka. Artinya ada pihak lain mengetahui, yang menyaksikan, dan yang kemudian memberikan penilaian. Apalagi di era digital sekarang, penting bagi organisasi atau perusahaan untuk memublikasikan langkah mereka. Jadikan media dan publik sebagai wasit yang menyetujui bahwa langkah anda cepat dan lebih cepat dari yang lain. Jangan klaim sendiri dalam kesunyian. Publikasikan, supaya tim internal Anda juga menyadari bahwa deklarasi mereka punya konsekuensi pertanggungjawaban akan keberhasilannya nanti.

Lalu, bagaimana risiko tersebut diantisipasi? Cara-cara terbaik apa saja yang sebaiknya anda,organisasi anda, dan perusahaan anda tempuh supaya KECEPATAN PELAKSANAAN yang sudah ditentukan menjamin keberhasilan di akhir nanti? Lewat materi “START STRONG” saya melatih tim Astra Life menemukan dan mengoperasionalkan gagasan KECEPATAN tersebut. Organisasi dan perusahaan anda juga bisa mengundang saya untuk meng-instal program teruji ini supaya organisasi dan perusahaan anda makin TERUJI sebagai YANG TERDEPAN.

Untuk mengundang Putera Lengkong sebagai “sparring partner” belajar dan pengembangan diri untuk memberi Motivasi anda serta tim anda, adan dapat menghubungi 021-2932-1243 dan 0813-1009-2248, SEKARANG!

Salam Juara!

——-

Kalau Bapak/ Ibu adalah seorang Business Owner atau Manager, Saya punya sebuah hadiah berupa booklet yang berisikan topik training selama 2017 dan sebuah CD Audio untuk Executive.

Kalau Bapak/ Ibu mau dikirimkan ke alamat Anda, silahkan hubungi atau tinggalkan pesan (HP dan alamat email) kepada tim kami di 021-2932-1243 atau 0813-1009-2248.

Bapak/ Ibu bisa mengakses web kami di http://EkselensiIndonesia.com dan http://PakarTraining.com.

Semoga bisa membantu memberikan Motivasi & SOLUSI atas permasalahan yang mungkin sedang terjadi di organisasi Bapak/ Ibu.

Salam,

Putera Lengkong, MBA
Coach Olimpian Emas Indonesia di Rio 2016
http://PuteraLengkong.net

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *