RAHASIA di balik keberhasilan JUARA DUNIA L.Natsir/T.Ahmad & M.Ahsan/H.Setiawan

Motivator | Training Motivasi | Juara DuniaBeberapa hari ini media dipenuhi dengan berita keberhasilan pasangan ganda campuran dan ganda putra Indonesia menyabet gelar bergengsi Juara Dunia Kejuaraan Bulutangkis 2013 di Guang Zhou, Cina.

Gita Wirjawan, ketua PB PBSI menyambut gembira karena tim Indonesia melampaui target dengan merebut 2 gelar sekaligus.

Bahkan Presiden SBY langsung menelpon dan menyelamati Liliyana setelah pertandingan.

Kalau kita cermati, pasangan ganda campuran (Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad) dan ganda putra (Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan) sebenarnya telah mengaplikasikan beberapa prinsip kesuksesan. Prinsip-prinsip kesuksesan ini ibarat hukum alam, bekerja dengan cara yang sama di manapun dan memberikan hasil yang sama. Misal: buah apel baik di Indonesia, di Cina, di Eropa tetap akan jatuh ke bawah.

Apakah prinsip-prinsip kesuksesan tersebut? Mari kita bahas satu persatu:

1.  Mereka punya IMPIAN untuk menjadi Juara Dunia, dan ini seringkali terucap saat wawancara bahwa mereka memang sangat menginginkan gelar ini, entah sebagai kado untuk ulang tahun Indonesia ke-68, entah untuk mencetak sejarah baru, entah untuk membanggakan keluarga, dlsbnya. Mereka tahu persis apa IMPIAN mereka. Mereka bergerak menuju IMPIAN tsb.

2. Karena mereka jelas dan bersungguh-sungguh terhadap IMPIAN tsb, mereka sadar bahwa ada HARGA yang harus mereka bayar untuk meraih itu. Orang mungkin hanya melihat, “wah bakalan dapat bonus banyak nih”, “wah mereka jadi terkenal nih”, tetapi mereka mungkin lupa pengorbanan tetes keringat dan darah untuk berlatih setiap hari, untuk membuang waktu bersantai, untuk melupakan waktu bersosialisasi, disiplin memacu diri lebih, menambah sendiri porsi latihan, dlsbnya. Maju tidak bisa berjalan berdampingan dengan rasa nyaman.

3. Mereka menjaga untuk tetap berada dalam “frekuensi” yang sama. Frekuensi untuk tetap saling menyemangati, saling mempercayai, saling mendukung lewat pandangan mata, bahasa tubuh, gerakan dlsbnya untuk membuat pasangan tetap termotivasi/bersemangat. Seringkali kita melihat ketika bahasa tubuh salah seorang anggota tim “marah”, “kesal”, “jengkel” membuat kesalahan sendiri oleh anggota tim satunya. Sukses menarik sukses. Antusias menarik antusias. Semangat menarik semangat. Rasa percaya menarik rasa percaya.

4. Mereka terus berusaha bermain dan memberikan yang terbaik. Saat poin kritis di set ke-3, Indonesia tertinggal 18-20, Liliyana masih sempat menyemangati Tontowi “Ayooo Owi, kita belum kalah. Skor belum 21. Ayooo, tunjukkan mental juaramu!” Setelah itu, masing-masing fokus untuk memberikan yang terbaik. Pertandingan belum usai dan seorang juara belum akan berhenti memberikan yang terbaik dari dirinya sebelum peluit/gong pertandingan berakhir berbunyi.

5. Setelah sudah berusaha bermain dan memberikan yang terbaik, ucapan mereka di hampir setiap wawancara sama. Mereka pasrah. Mereka membiarkan campur tangan Tuhan bekerja. Mereka berserah. Setelah bersungguh-sungguh mempersiapkan diri/latihan, bersungguh-sungguh bermain/memberikan yang terbaik, saatnya menyerahkan sisanya kepada Tuhan. Tuhan menjawab doa mereka. Ironinya banyak orang hanya berdoa saja tetapi lupa untuk mengambil tindakan, mulai dari mempersiapkan diri hingga sungguh-sungguh memberikan yang terbaik dari diri mereka.

Sehingga ketika ditanya, layakkah mereka menjadi Juara Dunia? Jawabannya tentu saja layak. Mereka telah mempraktekkan prinsip-prinsip kesuksesan/juara. Mereka bergerak harmoni dengan hukum alam yang bekerja.

Beberapa prinsip-prinsip kesuksesan seorang juara yang belum dibahas di sini dapat ditelaah dalam Buku National Best Seller “9 Prinsip Kesuksesan Sang Juara”.

Selamat menikmati dan Salam Juara!

 

Putera Lengkong, MBA – Motivator “SANG JUARA”

http://puteralengkong.net

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *