3 Kunci Membangun TIM JUARA Kembangkan Bisnis

Sales | 3 Kunci Membangun TIM JUARA Kembangkan Bisnis

Motivator | Training Motivasi | Sales

 

 

 

 

 

 

 

 

Sahabat Juara,

Percayakah anda, di balik APA sukses suatu bisnis, pasti ada SIAPA yang berperan membuatnya sukses? Saya tidak tahu apa jawaban anda, namun saya menghargai apa pun jawaban anda.

Mungkin ada di antara anda yang berbalik bertanya kepada saya, “Mas Putera sendiri bagaimana, percayakah bahwa di balik APA ada SIAPA?” Hmmm, saya tahu, jika saya langsung jawab PERCAYA, anda segera beranjak meninggalkan tulisan saya. Sebaliknya, jika saya langsung jawab lugas TIDAK PERCAYA, anda akan penasaran dengan penjelasan saya.

Jadi, begini saja. Apa pun jawaban anda, dan apa pun argumentasi saya, baiklah kita tetap duduk bersanding, bukan? Perbedaan pendapat tak perlu saling menjauhkan kita. Sebab, perbedaan pendapat justru memperkaya. Apalagi jika kita bekerja dalam TIM. Ups, maaf, keceplosan menyebut bocoran jawaban saya.

Padahal, saya ingin anda temukan sendiri jawaban saya setelah membaca kisah saya berikut ini. Jika sama kita lanjutkan bekerja, jika beda kita bisa BEKERJA SAMA.

Pekan lalu, saya diundang mengisi seminar untuk tim Sales marketing Century21. Century21, sebagaimana anda tahu, adalah agen pemasaran properti terbesar secara internasional. Perusahaan yang merupakan bagian dari Grup Ciputra ini dikenal memiliki jaringan pemasaran terluas dan andal. Wajar jika perusahaan ini dinobatkan sebagai “The Most Progressive Brokerage Firm 2016”.

Materi yang saya bawakan berjudul “GROW YOURSELF, YOUR TEAM, YOUR BUSINESS”. Century21 sudah besar, mengapa masih perlu seminar seperti ini? Ya, karena perusahaan besar justru adalah perusahaan yang ingin selalu bertumbuh. Apalagi ini perusahaan pemasaran. Ia ditopang oleh para marketer yang kepalanya hanya berisi perintah “grow, grow, grow”.

Maka, sebagai MOTIVATOR JUARA, kehadiran saya adalah untuk menantang para marketer itu untuk tidak sekadar bertumbuh. Sebab, jika sekadar bertumbuh, tim di perusahaan lain juga sama motivasinya. Harus ada capaian lebih untuk supaya yang bertumbuh bukan hanya marketernya, bukan hanya perusahaannya, melainkan juga bisnisnya.

Berikut beberapa tips praktis dan teruji untuk mengembangkan bisnis Anda yang saya sampaikan dalam seminar tersebut:

  1. Rekrut tim baru

Sekarang bukan lagi era “super leader”. Sekarang adalah era SUPER TEAM. Maka, bisnis yang berkembang adalah bisnis yang dibangun oleh tim. Tim yang seperti apa? Tim yang terbuka. Tim yang bertumbuh. Tim yang memperbarui diri.

Rekrut tim baru. Jadikan mereka “darah segar”. Terlebih, tim baru tentu saja membawa database calon klien baru.  Perhatikan secara khusus peralihan generasi. Saat ini, generasi dunia kerja dan bisnis kita mulai didominasi Generasi Y. Mereka generasi digital yang berjejaring luas, terlebih secara online. Perlu pendekatan yang tepat dalam merekrut ataupun menjual produk/jasa kepada mereka.

  1. Tingkatkan produktivitas tim

Ukur dan monitor. Hasil akhir baru bisa dicapai dari melakukan aktivitas harian (proses) dengan benar, misalnya mulai dari menambah jumlah telpon atau kunjungan, bergabung dalam komunitas atau segmentasi yang tepat, serta meningkatkan kompetensi dalam menjual.

Pastikan tim kita setiap hari hanya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang paling menghasilkan. Juga, dekati calon klien yang paling berpotensi membeli. Fokus pada yang besar, niscaya tim mengerahkan energi yang besar.

  1. Multiplikasi tim

Seorang diri tidak mampu mencapai target yang besar. Bersama-sama mampu meraih target yang lebih besar. Karenanya sebagai seorang leader, kita perlu meningkatkan kompetensi tim agar mereka juga bisa sukses seperti kita. Buat mereka agar bisa membangun tim sendiri. Dengan demikian barulah bisnis anda bisa menjadi besar.

Selain itu, ingat, pemasaran adalah arena kompetisi. Memecah tim artinya menyediakan kompetitor internal bagi para marketer. Multiplikasi tim berarti juga mulipiklasi prestasi.

Anda tahu, perusahaan-perusahaan besar seperti Century21 menerapkan tiga kunci di atas untuk membangun tim pemasar mereka sehingga bisnis yang mereka bangun berkembang sedemikian hebat.

Nah, bagaimana, sudah ada jawaban atas pertanyaan saya di depan? Dari uraian saya, ternyata, kunci sukses perusahaan besar bukan “SIAPA menentukan APA”, melainkan “SIAPA SAJA menentukan APA”. Jika SIAPA merujuk pada seseorang, SIAPA SAJA menunjuk pada TIM.

Jadi, SIAPA SAJA tim di bisnis anda yang mulai anda bangun dan percayai untuk membesarkan bisnis anda?

Untuk mengundang Putera Lengkong sebagai “sparring partner” belajar dan pengembangan diri anda serta tim Sales Marketing anda, anda dapat menghubungi 021-2932-1243 dan 0813-1009-2248, SEKARANG!

Salam Juara!

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *