Sales | Training Sales | Motivasi | MotivatorSales | Prinsip Dasar Menjual #2 – Menjual adalah Permainan Angka

Di prinsip dasar yang pertama, kita telah menyadari bersama bahwa menjual itu adalah sebuah PROSES. Dengan fokus pada PROSES akan memberikan kemungkinan menjual (HASIL) yang lebih besar. Pada prinsip dasar menjual yang kedua, kita akan melihat bersama bahwa menjual adalah permainan angka. Artinya semakin banyak calon pelanggan yang anda temui maka akan semakin besar kemungkinan untuk closing. Bertemu dengan 50 orang akan memberikan persentase keberhasilan yang lebih besar dibanding hanya bertemu dengan 5 orang misalnya.

Bertemu dengan lebih banyak calon pelanggan akan, secara tidak langsung, melatih dan meng-upgrade kemampuan dan keterampilan anda sebagai orang Sales, misalnya menjadi lebih cepat untuk membangun keakraban, lebih mahir di dalam menghadapi keberatan dan penolakan calon pelanggan, lebih terampil di dalam menggali kebutuhan calon pelanggan, dlsbnya.

Tetapi kebanyakan orang Sales puas hanya bertemu dengan sejumlah calon pelanggan yang sama setiap harinya padahal mereka ingin meningkatkan penjualan, misalnya, 2x lipat. Tentu tidak akan pernah tercapai kecuali mujizat tercipta. Contoh: Seorang Sales setiap bertemu dengan 10 calon pelanggan maka akan closing 1 orang, berarti persentase keberhasilannya adalah 10%. Jadi untuk mendapatkan closing 2 orang maka, berdasarkan persentase, Sales tersebut harus bertemu dengan 20 calon pelanggan. Jadi dia tahu bahwa ketika dia baru berhasil bertemu dengan 15 calon pelanggan maka kemungkinan besar hanya akan closing 1 orang. Dan kenyataan di lapangan, prinsip dasar ini seringkali diabaikan.

Dengan mengetahui persentase sukses atau keberhasilannya, maka seorang Sales juga akan termotivasi. Misalkan 10 calon pelanggan akan closing 1 jadi kalau dia sudah menemui 7-8 x penolakan, dia tahu bahwa dengan mengunjungi 2-3 orang calon pelanggan lagi maka dia akan closing 1 penjualan. Ini tentu saja akan lebih memotivasi Sales tersebut dibanding tidak mengetahui berapa orang calon pelanggan lagi yang harus ditemui / berapa kali penolakan lagi yang masih akan dihadapi.

Proven Tips yang silahkan anda praktekkan untuk membantu meningkatkan produktivitas anda:

  • Cari tahu berapa persentase keberhasilan anda, misalkan setiap bertemu dengan sekian calon pelanggan akan closing sekian orang, ketika anda menelpon / melakukan kunjungan (visit) ke sekian orang maka anda akan closing sekian orang, ketika anda menyebar sekian rim brosur maka anda akan mendapatkan sekian orang yang menelpon balik, dlsbnya.
  • Bandingkan dengan rata-rata persentase keberhasilan di perusahaan anda. Atau kalau anda yang terbaik di perusahaan anda, bandingkan dengan rata-rata di industri anda.

Kalau nilai persentase keberhasilan anda di bawah rata-rata maka tugas anda untuk mencari tahu dan belajar dari rekan anda atau mereka yang telah dulu berhasil dan mengetahui caranya untuk menutup lebih banyak penjualan. Cara ini akan lebih efektif untuk meningkatkan penjualan anda dibanding anda mengeluh, curhat, dan berkumpul dengan sesama rekan Sales yang juga di bawah rata-rata.

Selamat mencoba. Happy Selling!

Untuk mengundang Trainer Sales & Motivator Indonesia silahkan hubungi : 0813.1009.2248