Motivator | The Best & Proven Tips 2 Dari Sang Motivator : Fleksibel

THE BEST & PROVEN TIP 2 DARI SANG MOTIVATOR : FLEKSIBEL

Motivator | Motivator Indonesia | Training Motivasi | Pembicara SeminarKetika saya mengajukan pertanyaan di seminar / training / pelatihan Motivasi & sales, apakah FLEKSIBEL itu, kebanyakan peserta menjawab: ”Tidak kaku”, ”Lentur”, ”Menyesuaikan dengan sikon”, ”Mudah beradaptasi”. Kemudian saya lanjutkan ”Kalau tidak mencapai TARGET SALES berarti fleksibel juga dong? Kan itu berarti tidak kaku dengan tujuan yg mau dicapai. Itu berarti menyesuaikan dengan sikon: krisis, daya beli rendah, kompetitor yg ganas, de-el-el”.

FLEKSIBEL bukan berarti menyesuaikan target / goal dengan kemampuan. Ini yg umumnya terjadi. Penentuan target / goal menyesuaikan dengan kemampuan, keahlian, wawasan, pengetahuan, keterampilan yg ada. Pasti saja target / goal-nya tidak akan tinggi alias menyesuaikan dengan perkembangan kemampuan tsb. Bagaimana kalau kemampuannya tidak pernah berkembang, apakah target / goal juga tidak akan berkembang, padahal yg namanya manusia keinginannya selalu bertambah (tidak pernah puas). Nah, tidak matching, ya?!

FLEKSIBEL di sini maksudnya adalah menyesuaikan kemampuan dengan target / goal yg mau dicapai. Kita yg terus meng-upgrade diri sehingga pelan-pelan kemampuan, wawasan, keterampilan, keahlian kita mendekati bahkan melampaui target / goal yg telah kita set. Termasuk kalau mempunyai keyakinan yg tidak mendukung pencapaian sasaran maka keyakinan tsb harus Anda ganti! Contoh: keyakinan bahwa karena kutukan nenek moyang maka hidup saya selamanya pasti susah karena dirunut 7 turunan semuanya adalah SALES. Nah, kalau keyakinan ini tidak membantu pencapaian sasaran maka hilangkan belief tsb dan install dengan belief yg lebih bermanfaat.

FLEKSIBEL berarti merubah gerak, bahasa tubuh, postur, cara bicara, sikap seorang SALES, ketika semua itu tidak cocok utk menghadapi tipe klien / pelanggan / nasabah tertentu. Cari pendekatan lain sehingga SALES tersebut bisa ’masuk’ dan membangun RAPPORT (hubungan keakraban) dengan klien / pelanggan / nasabah. FLEKSIBEL dapat Anda gunakan utk pendekatan terhadap atasan, rekan kerja (colleague, peer), bawahan, pasangan, kehidupan sosial, dlsbnya.

FLEKSIBEL berarti menganggap bahwa kegagalan adalah sebuah hadiah yg memberitahukan utk merubah FOKUS, DISTORSI, dan GENERALISASI kita.

FLEKSIBEL tidak sama dengan PLIN PLAN karena PLIN PLAN berarti merubah target / goal ketika sebuah cara / teknik / prinsip tidak berhasil.

Dalam konteks saya sebagai seorang Pembicara Seminar & trainer / Motivator, saya belajar utk FLEKSIBEL dalam menghadapi tipe audience seminar / training / pelatihan mengingat mereka adalah pribadi yang unik dan berbeda. Preferensi VISUAL berbeda dengan AUDITORY dan mereka yg KINESTHETIC sehingga memerlukan pendekatan yg sesuai utk masing-masing preferensi tsb. Termasuk FLEKSIBEL ketika alat bantu seminar / training / pelatihan (laptop, LCD projector, speaker, dlsbnya) tidak berfungsi dengan baik dan seminar / training / pelatihan harus tetap berlangsung!

Untuk info Training Motivasi dan Motivator Indonesia silahkan hubungi : 0813.1009.2248

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *