Motivator | The Best & Proven Tips 6 Dari Sang Motivator : Generalisasi

Motivator | Training Motivasi | Motivator Indonesia | Pembicara SeminarThe Best & Proven Tips 6 Dari Sang Motivator : Generalisasi

Ketika Anda belum berhasil mencapai apa yg Anda inginkan maka mungkin Anda perlu merubah GENERALISASI Anda. Manusia suka menggeneralisasi utk menyederhanakan atau membuat kesimpulan dengan mudah.

Pengalaman seorang teman wanita yg mengalami masalah dalam hubungannya dengan pria sebanyak 3x (diputus, dipermainkan) lalu dengan mudahnya dia menggeneralisasi bahwa semua pria, termasuk teman baiknya ini (yaitu: saya), adalah ’buaya darat’ berdasarkan pengalaman 3x nya tersebut.

Seorang klien yg ditipu oleh SALES beberapa kali (sales delivery tdk sesuai kontrak, janji sales yg meleset, sales ’cuci tangan’, spesifikasi sales tdk sesuai, dlsbnya) kemudian menggeneralisasi bahwa semua SALES adalah tukang tipu.

Oknum PNS yg ’nakal’, melakukan pungli, KKN, berprinsip ’pelayanan cepat asal ada tip’, dlsbnya kemudian digeneralisasi dan disamaratakan oleh masyarakat sebagai cap utk semua PNS.

Generalisasi tsb di atas semuanya kurang bermanfaat kalau tidak mendukung pencapaian sasaran. Wanita tsb akan bersikap dingin kepada semua pria. Klien di atas akan acuh dan curiga terhadap semua SALES. Masyarakat akan bersikap antipati terhadap semua kebijakan pemerintah.

Sebaliknya kalau wanita di atas mengubah generalisasinya bahwa: ”Semua manusia pasti ada jodohnya”, ”Manusia diciptakan berpasangan”, ”Tuhan sudah menciptakan pria yg sesuai utk saya di luar sana. Yang perlu saya lakukan adalah lebih berhati-hati selanjutnya!”

Kira-kira di dalam konteks mendapatkan pasangan lagi, generalisasi mana yg lebih bermanfaat untuk si wanita? TEPAT, yg kedua, ya!

Untuk konteks saya sebagai seorang pembicara seminar & trainer / motivator, saya menggeneralisasi bahwa: Jika dia BISA, saya juga pasti BISA. Saya hanya perlu melakukannya LEBIH SERING, LEBIH BANYAK, LEBIH KUAT, LEBIH CEPAT, LEBIH GIAT!

Masih ingat sharing saya di awal tentang masa-masa terkelam dalam hidup saya sebagai seorang pembicara seminar & trainer / motivator, termasuk biaya pernikahan harus saya cicil 6x? Saya menggeneralisasi bahwa hidup itu seperti roda berputar: Suatu saat saya pasti akan berada di PUNCAK! Dan ketika berada di PUNCAK, saya akan terus meng-upgrade diri sehingga selalu lebih siap dan lebih bijak menghadapi apapun.

KESIMPULAN THE BEST & PROVEN TIP:

1. Apa yg Anda ISI-kan atau INPUT (gambar, video, suara, musik) di ’teater’ kepala Anda akan menentukan OUTPUT-nya seperti apa! Pikiran dan perasaan Anda dipengaruhi oleh apa yg Anda INPUT atau ISI-kan! HAL-HAL POSITIF akan me-MOTIVASI dan menyemangati Anda.

2. Kalau Anda belum mencapai apa yg Anda inginkan saat ini, saatnya Anda mengganti FOKUS, DISTORSI, dan GENERALISASI Anda!

3. Anda mempunyai PILIHAN untuk mengisikan hal-hal yg bermanfaat dan mendukung pencapaian target / goal atau sebaliknya. Anda yg bertanggung jawab!

4. Untuk mencapai target / goal tsb harus FLEKSIBEL CARA-nya yaitu menyesuaikan kemampuan dengan target / goal.

5. Bangunlah jaringan dan relasi yg EKOLOGI dengan sebanyak mungkin pihak dan FOKUS dengan / kepada mereka yg bisa membantu Anda dalam pencapaian sasaran.

6. Dan di setiap seminar / training / pelatihan saya, selalu saya mengajak peserta seminar / training untuk bersama-sama mengatakan kepada peserta di kiri dan kanannya: TEORI SAJA TIDAK CUKUP PREN, PRAKTEKKK!!! PRAKTEKKK!!! PRAKTEKKK!!!

Motivator Indonesia terbaik, Trainer Sales terbaik di Indonesia, silahkan hubungi : 0813.1009.2248

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *