Waktu Berkualitas Dilatih dari Kebiasaan Kecil – Bagian 1

Motivasi | Waktu Berkualitas Dilatih dari Kebiasaan Kecil – Bagian 1

Motivasi | Motivator Indonesia | Training Leadership

Sahabat Juara,

“Waktu cepat sekali berlalu.”

Orang sukses, seperti saya, selalu sadari, salah satu yang tak bisa dikendalikan dalam hidup ini adalah waktu. Yang lain bisa: karyawan, pembeli, uang, mesin, sistem, bahkan “masa depan”—perencanaan.

Uniknya, waktu tidak bergerak liar. Ia bergerak sangat teratur, tidak sangat cepat, juga tidak sangat lambat. Saking teraturnya, waktu mudah ditebak. Lewat arloji, bahkan, waktu tak bergerak ke mana-mana. Ia berputar di situ-situ saja, dari 0 sampai 12, dari siang ke malam.

Jatah waktu semua makhluk di bumi ini sama: 24 jam sehari. Tak ada yang kurang, tak ada yang lebih. Jika ada yang membedakan hanyalah jumlah siang dan malam untuk belahan bumi yang berbeda. Khusus Indonesia, panjang siang dan malam seimbang.

Pertanyaannya, jika jumlah waktu yang tersedia sama, kenapa “nasib” seorang terhadap yang lain berbeda? Mengapa ada orang sukses, mengapa ada orang gagal?

Sebagai pembicara motivasi, saya bisa menggugat: sudahkah anda tahu betapa berharganya?

Sebagai trainer leadership, saya kerap sampaikan: sudahkah anda meneladan sosok yang sukses mengoptimalkan waktu?

Sebagai pelatih sales, saya biasa melontarkan ujian: sudahkah anda pahami “faktor kali” dalam waktu?

Sebagai coach olimpian, saya suka smash-kan pertanyaan: sudahkah anda mempercepat penyelesaian pekerjaan dalam waktu yang terbatas?

Dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan, termasuk dari penelitian yang saya lakukan, terhadap orang-orang sukses, terdapat pola jawaban yang sama untuk menjelaskan kenapa mereka, termasuk saya, piawai mengelola waktu? Benang merahnya adalah: disiplin mulai dari hal kecil.

Menurut mereka, sebagaimana tahun dihimpun dari bulan, pekan, dan hari, demikian pula sukses. Menurut mereka, sebagaimana uang sebesar apa pun selalu dihimpun dari recehan, demikian pula sukses. Menurut mereka, sebagaimana jiwa dan raga yang sehat dibentuk oleh anggota badan yang bugar, demikian pula sukses.

Waktu, dengan demikian, menjadi sangat berharga bagi mereka yang bersedia untuk memotong-motongnya dalam aktivitas-aktivitas sederhana secara simultan dan disiplin.

Baca juga bagian 2 pada artikel selanjutnya..

Untuk menjadikan Putera Lengkong, MBA, Coach Olimpian Emas dan Motivator Para Juara, sebagai “sparring partner” Anda dan organisasi Anda, silahkan langsung menghubungi tim Ekselensi Training Indonesia di 021-2932-1243 dan 0813-1009-2248.

Salam Juara!

About Author

Putera Lengkong

Putera Lengkong adalah seorang Pembicara Seminar, Trainer, Coach, dan Motivator terkemuka di Indonesia. Expert membawakan topik SALES, LEADERSHIP, dan PENGEMBANGAN DIRI untuk ratusan klien NASIONAL dan MULTINASIONAL.

Silahkan tambahkan saya pada lingkaran pertemanan Anda dan jika menyukai artikel-artikel saya, silahkan +1, Share, Like, and Rate it.

<a href="https://plus.google.com/101611825522671223545?rel=author">Google+</a>

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *